widget

Jumat, 30 Agustus 2013

Gerakan 21H Cuci Tangan Pakai Sabun


Masyarakat Indonesia kini sudah sangat menyadari akan pentingnya kesehatan, terutama kesehatan tangan. Kebiasaan sehat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sudah mulai disadari oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, masyarakat belum sepenuhnya mengetahui cara membentuk kebiasaan sehat tersebut. 

Karena itulah, TIM Penggerak PKK Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar serta Dinas Pendidikan mencanangkan Gerakan 21 Hari (G21H) sebagai suatu program aksi untuk membentuk kebiasaan CTPS tersebut. Pencanangan CTPS tersebut di lakukan pada hari Senin, 26 Agustus 2013 di dua Tempat Fasilitas Pendidikan Kabupaten Banjar yaitu pada TK Tut Wuri Handayani dan SDN Jawa 2.

Gerakan 21 Hari ini diharapkan nantinya bisa membentuk kebiasaan sehat dengan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan kebiasaan sehat ini di 5 waktu penting selama minimal 21 hari secara terus menerus, tanpa putus, agar nantinya kebiasaan sehat ini dijadikan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, CTPS merupakan langkah sederhana besar untuk menjaga kesehatan diri sendiri.
"Dengan membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun, kita dapat mencegah berbagai penyakit seperti diare hingga gangguan pernapasan, ISPA, Jadi Ingatlah Agar selalu Cuci tangan pakai sabun" jelas Yasna Khairina, MM.

Adapun lima saat yang tepat untuk Cuci Tangan Pakai Sabun adalah mandi menggunakan sabun, sebelum makan pagi, sebelum makan siang, sebelum makan malam, dan setelah dari toilet.
Program ini sendiri merujuk dari banyak pendapat dan penelitian pakar perubahan perilaku bahwa untuk membentuk suatu kebiasaan baru yang sehat pada masyarakat luas dibutuhkan waktu miniman 21 hari untuk melakukan kebiasaan baru secara terus menerus tanpa putus.

Selain kegiatan CTPS tersebut juga dilakukan penjaringan pada Siswa-siswi di TK Tut Wuri Handayani dan SDN Jawa 2 Martapura, kepada siswa(i) dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaaan kesehatan dan pemberian Vitamin A pada murid TK.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Berikanlah Komentar dengan Baik dan Sopan