widget

Kamis, 07 November 2013

Surveilans Kesehatan Haji

 Surveilans Kesehatan Haji
Seksi Imunisasi dan Surveilans, Bidang P2PL

NOVEMBER 2013

Alhamdulillahirabbil‘alamiin.. Rombongan pertama jemaah haji Kabupaten Banjar yang terdiri dari 318 orang jemaah (Kloter 02) telah kembali ke tanah air dalam kondisi selamat dan sehat. Sejak setiba di tanah air, seluruh jemaah haji akan terus dipantau kesehatannya hingga 14 hari kedepan melalui Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit-penyakit yang berpotensi terbawa oleh para jemaah, khususnya penyakit-penyakit khusus dari wilayah Timur Tengah seperti meningitis, MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus), H1N1, dan sebagainya.

Pemerintah Kabupaten Banjar, khususnya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, bekerja sama dengan beberapa sektor terkait telah memberikan layanan kesehatan bagi para jemaah haji sejak sebelum keberangkatan ke Arab Saudi, dalam perjalananpulang/pergi, selama di Arab Saudi, dan setelah kembali ke tanah air.

Dua bulan sebelum keberangkatan, para calon jemaah haji telah dibina kesehatannya melalui pemeriksaan kesehatan dasar dan senam rutin di tingkat Puskesmas. Rujukan ke RSUD Ratu Zalecha Martapura sebagai rumah sakit rujukan daerah dilakukan khususnya bagi calon jemaah haji dengan risiko tinggi, misalnya mereka yang berusia lanjut ataupun memiliki riwayat penyakit kronis. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan berupa tes kehamilan (bagi calon jemaah haji wanita usia subur), tes kebugaran, serta pemberian vaksinasi meningitis dan influenza di Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada tanggal 20 hingga 22 Agustus 2013. Saat karantina di asrama haji, para jemaah calon haji diperiksa kembali kesehatannya. Begitu pula saat kembali dari tanah suci, para jemaah haji dipantau terus status kesehatannya.

Dengan pengawasan kesehatan yang paripurna, diharapkan seluruh jemaah haji Kabupaten Banjar Tahun 1434 H / 2013 M yang berjumlah 410 orang akan kembali ke tanah air dengan menjadi haji mabrur yang sehat sehingga mampu membawa maslahat bagi ummat.. aamiin ya rabbal ‘alamiin...

jadwal Kedatangan haji 2013



"Di Upload By Admin : Armuni, S.Kep"

0 komentar:

Posting Komentar

Berikanlah Komentar dengan Baik dan Sopan