widget

Rabu, 06 November 2013

Kabupaten Banjar Memberikan Sertifikat Imunisasi Lengkap

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Meluncurkan Kegiatan Pemberian Sertifikat Imunisasi Lengkap Sebagai Prasyarat Memasuki PAUD dalam Program yang Dinamakan “Anak Sehat Bersertifikat”

Seksi Imunisasi dan Surveilans, Bidang P2PL

 

NOVEMBER 2013

 

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan spesifik seseorang terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), dan jika suatu saat terserang penyakit tersebut tidak akan sakit atau sakit ringan. Ada 5 jenis imunisasi dasar pada bayi yang masuk dalam program pemerintah, yaitu Hb-0, BCG, DPT-Hb, polio, dan campak. Kelima imunisasi dasar tersebut akan memberikan kekebalan spesifik terhadap 7 macam penyakit yaitu Hepatitis-B, TBC, difteri, pertusis, tetanus, polio, dan campak. Seorang anak dikatakan telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap yaitu bila telah mendapatkan imunisasi Hepatitis B 0-7 hari sebanyak 1 kali, BCG 1 kali, DPT-Hb 3 kali, polio 4 kali, dan campak 1 kali.

 

Dalam upaya meningkatkan cakupan imunisasi, khususnya imunisasi dasar bagi bayi di Kabupaten Banjar, Bunda PAUD Kabupaten Banjar Dra. Hj. Raudatul Jannah, M.Si menandatangani suatu Nota Kesepakatan Bersama (NKB) dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh drg Yasna Khairina, MM selaku kepala dinas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh H. Gusti Ruspanoor, SE selaku kepala dinas, dengan diketahui oleh Bupati Banjar H. Pangeran Khairul Saleh. Pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Banjar sekaligus dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kabupaten pada tanggal 19 Agustus 2013, selain dilakukan penandatanganan NKB tersebut, juga dilakukan simbolis penyerahan sertifikat imunisasi lengkap pada bayi dari wilayah kerja Puskesmas Sungkai sebagai pelopor pelaksanaan program ini. Di samping itu sekaligus dilakukan pemberian imunisasi polio dan vitamin A oleh Bapak Bupati Banjar, Bunda PAUD Kabupaten Banjar, dan ibu wakil gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Rosdiawati Rudy Resnawan.

 

Sertifikat imunisasi lengkap selanjutnya akan diberikan secara cuma-cuma oleh Dinas Kesehatan bagi seluruh anak di Kabupaten Banjar yang telah mendapatkan 5 imunisasi dasar lengkap, melalui 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Banjar. Sertifikat ini akan menjadi salah satu prasyarat yang diprioritaskan dalam pendaftaran seorang anak untuk memasuki jenjang Pendidikan Usia Dini (PAUD). Hal ini disosialisasikan kepada masyarakat bersama-sama oleh Unit Pelaksana Teknis di tingkat kecamatan di bawah koordinasi Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

 

Program ‘Anak Sehat Bersertifikat’ ini dalam jangka panjangnya diharapkan akan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan dan pembangunan sumber daya manusia menuju terciptanya masyarakat Kabupaten Banjar yang sehat, kuat dan berprestasi.

 

penandatanganan nota kesepahaman anak besertifikat

 

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Program “Anak Sehat Bersertifikat” .

 

pemberian imunisasi oleh bupati

 

Pemberian Imunisasi Polio oleh Bupati Banjar, H. Pangeran Khairul Saleh.

 

Pemberian imunisasi oleh ibu bupati

 

Pemberian Vitamin A oleh Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Dra. Hj. Raudatul Jannah, M.Si.

 

 

"Di Upload By Admin : Armuni, S.Kep"

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Berikanlah Komentar dengan Baik dan Sopan